Selasa, 13 Maret 2012

Aplikasi Deskripsi Nama Latin Hewan Dengan Menggunakan Android

Dengan adanya fasilitas yang mendukung aplikasi berbasis mobile misalnya seperti Android. Android adalah salah satu Operating System yang saat ini sangat mencuri perhatian dunia yaitu adalah Android Mobile. Android memberi kemudahan kepada user atau pengguna android untuk mengembangkan dengan sendiri Operating Systemnya karena Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler atau mobile, Yang berbasis linux. Android juga menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Dengan adanya fasilitas yang mendukung pembuatan aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan operating system Android, penulis ingin membuat sebuah aplikasi Android Mobile sederhana yaitu “Pembuatan Aplikasi Deskripsi Nama Latin Hewan Pada Platform Android”, Aplikasi ini memberikan sebuah deskripsi dari hewan yang akan diinput oleh user dan mendapatkan sebuah nama latin dari hewan itu sendiri.

1. Flowchart Program
Agar lebih memudahkan dalam pembuatan program, maka terlebih dahulu penulis membuat flowchart (diagram alur) yang akan menggambarkan alur program secara umum. Flowchart tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

Flowchart Program

2. Rancangan Struktur Navigasi
Selain dengan flowchart alur dari suatu program dapat juga di tunjukkan dengan struktur navigasi yang merupakan rancangan hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda.

Struktur Navigasi

Rancangan Antar Muka
Antar muka atau interface adalah suatu bagian yang berhubungan langsung dengan pengguna aplikasi. Rancangan antar muka bertujuan agar program atau aplikasi yang dihasilkan terlihat mudah untuk dimengerti.

Rancangan Halaman Menu

Halaman Menu

Dalam halaman menu terdapat tiga buah submenu yaitu Nama Hewan – Nama Latin untuk menuju ke halaman pencarian Nama Latin dari Inputan Nama Hewan, submenu Tentang untuk menuju ke halaman profil pembuat dan petunjuk aplikasi, dan submenu Keluar untuk keluar dari aplikasi.

Rancangan Halaman Nama Hewan – Nama Latin

Halaman Nama Hewan – Nama Latin

Dalam halaman Nama Hewan – Nama Latin terdapat sebuah textfield yang digunakan untuk memasukan kata yang ingin dicari. Selanjutnya akan menampilkan semua kemungkinan kata yang sesuai dengan inputan dan muncul arti dari kata setelah di klik.

Rancangan Hasil Pencarian

Halaman Hasil Pencarian Nama Hewan – Nama Latin

Dalam halaman ini akan ditampilkan hasil inputan yang diinput oleh user. Dalam halaman ini terdapat pula button “Kembali Ke Menu” yang digunakan untuk kembali ke Halaman Menu.

Rancangan Halaman About

Halaman About

1 komentar: